Tuesday, January 11, 2011

Bintang-Bintang di Langit

Pernahkah engkau di suatu malam yang cerah memandangi bintang-bintang di langit? Subhanallah, sungguh indah bukan? Bagaikan permata yang menghiasi langit malam. Tetapi, pernahkah terpikir olehmu, untuk apa diciptakan bintang-bintang di langit itu? Apa hikmahnya?

Ketahuilah, bahwa segala penciptaan di langit dan di bumi ini pasti ada hikmahnya. Hikmah penciptaan bintang-bintang itu telah diberitahukan Allah dalam Al-Qur'an dalam Ssurat Al-Mulk ayat 5 : "Dan sungguh Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan."

Demikian pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Shahihnya, bahwa Qotadah rahimahullah mengatakan: Allah menciptakan bintang-bintang ini, untuk tiga hikmah yaitu sebagai hiasan di langit, sebagai alat pelempar syaithon, dan sebagai tanda-tanda untuk penunjuk (arah dan sebagainya). Karena itu, barang siapa dalam masalah ini berpendapat selain tersebut, maka dia telah salah dan menyia-nyiakan nasibnya serta membebani diri dengan hal yang di luar batas kemampuannya.

Juga sebagaimana dalam Surat Ash-Shaaffaat ayat 6-8: "Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan yaitu bintang-bintang, dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap syaithon yang sangat durhaka, syaithon-syaithon itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru."

Demikianlah,hikmah keindahan bintang-bintang di langit... Semoga indahnya bintang-bintang di langit menjadi lebih bermakna. Wallahu 'a'lam bishs

No comments:
Beri komentar