Thursday, March 16, 2017

Kiai Said Pimpin Tahlil di Makam Kiai Hasyim Muzadi

 

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengekspresikan rasa dukanya atas kepergian KH Ahmad Hasyim Muzadi dengan berziarah langsung ke makam mantan ketum PBNU itu di kompleks Pondok Pesantren al-Hikam Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3) petang.

Ia yang datang bersama pengurus lain, di antaranya Sekjen PBNU H Helmy Faishal dan Ketua PBNU H Marsudi Syuhud, memimpin pembacaan tahlil dan doa yang diikuti para santri dan peziarah lainnya.

Sebelumnya, prosesi pemakaman Kiai Hasyim digelar secara militer dengan inspektur upacara Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kiai Said tak sempat mengikuti upacara pemakaman lantaran di saat yang bersamaan PBNU menyelenggarakan Silaturahim Nasional Alim Ulama Nusantara di Pesantren al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Menurut Kiai Said, Nahdliyin patut merasa sangat kehilangan ulama yang ia sebut sebagai sosok panutan itu. Ia mengatakan, dedikasi Kiai Hasyim untuk Nahdlatul Ulama sangat luar biasa dan tidak pernah surut. Kiai Hasyim merupakan tokoh NU, yang berkhidmah sejak dari tingkat ranting hingga pengurus besar.

“Saya sepuluh tahun mendampingi beliau, ketika berkhidmat sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama,” imbuh Kiai Said.

Jenazah Kiai Hasyim disemayamkan sekitar pukul empat sore setelah dishalatkan puluhan kali di Malang lalu dilanjutkan di Depok. Wapres Jusuf Kalla bersaksi bahwa almarhum merupakan tokoh yang sungguh-sungguh dalam mendarmabaktikan dirinya untuk bangsa dan negara. 

No comments:
Beri komentar